Home Galeri Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro Ingatkan Bagi Kades Untuk Ajukan Segera...

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro Ingatkan Bagi Kades Untuk Ajukan Segera Agar Tahun Depan Semua Dapat

38
0
SHARE

Bojonegoro _ Indoshinju.com Kamis 8 Maret 2021 Pemkab Bojonegoro melalui BPKAD selenggarakan Bimtek tentang BKD( Pengelolaan Keuangan Desa) yang diikuti oleh 453 peserta terdiri dari seluruh kepala desa , pejabat teknis dari OPD dan Kecamatan yang bertugas menangani bantuan keuangan kepada desa kemudian
pelaksanaan bimtek berlangsung dalam 2 periode yaitu tanggal 8 April 2021 dan 13 April 2021 serta pembukaan pelaksanaan kegiatan Bimtek  dihadiri Bupati Bojonegoro Hj.Anna Mu’awanah.

Kepala BPKAD(badan pengelolaan keuangan dan aset daerah) Bojonegoro Luluk Alifah, SE, MM.menyampaikan bahwa Bimtek ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan teknis bagi Pelaksana di SKPD dan Kecamatan serta Aparatur Pemerintah Desa dalam Pengelolaan keuangan kepada desa.

Bupati Bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan semakin besarnya anggaran bantuan keuangan kepada desa baik yang bersifat umum maupun  yang bersifat khusus, harus diperlukan kemampuan teknis yang baik  dalam  pengelolaan.

Dan Bupati mengingatkan “tertibnya perencanaan, penganggaran dan pertanggungjawaban keuangan  desa adalah bentuk dari terwujudnya Good Governance dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Maka selaku Penerima Bantuan Keuangan harus bertanggung jawab secara formal dan material atas penggunaan bantuan keuangan yang diterimanya.” ungkapnya.

Kemudian ada beberapa desa yang belum atau tidak mendapatkan BKD dari sekian desa diantaranya kepala desa Kepoh Kidul kecamatan Kedung Adem Samudi saat di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya untuk BKD secara khusus untuk jalan tahun 2021 tidak dapat , dan berkali-kali mengajukan juga tidak atau belum mendapatkan , pihaknya mengamati bahwa terdapat perbedaan antara desa A dan desa B untuk proses mendapatkan BKD, keluhnya.

Menurut kepala dinas PMD Machmudin saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk tahun 2022 semua kepala desa mendapatkan BKD akan tetapi mekanisme harus mengajukan proposal terlebih dahulu mulai April ini hingga bulan Juli dan usulkan jalan utama yang menghubungkan poros desa serta maksimalkan peran pendamping desa, kemudian setelah usulan masuk akan ditindak lanjuti oleh pihak terkait dan hasilnya setelah disurvei bisa bertambah atau berkurang dengan usulan sebelumnya, pungkasnya.

pada pelaksanaan Bimtek yang bertempat di gedung Angling darma lantai 2 dihadiri oleh Sekda, Asisten, Kepala dinas PMD dan SKPD yang membidangi Bantuan Keuangan Desa, Camat, Nara Sumber dan para peserta lainnya.(Ed.ISC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here