Home Hukum Diduga Proyek Turap Jalan Di Wilayah Karangjaya Tidak Sesuai Dengan RAB dan...

Diduga Proyek Turap Jalan Di Wilayah Karangjaya Tidak Sesuai Dengan RAB dan Tanpa Papan proyek

139
0
SHARE

Karawang,jabar Indoshinju.com Senin,26/7/2021 Pekerjaan Turap jalan di sekitar  Kampung Sukasari dan bakan pulir Desa Karangjaya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang Jawa Barat,yang di kerjakan oleh pihak pemborong di duga tidak sesuai dengan perencanaan.

Di duga proyek milik Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang ( PUPR  ) Kabupaten Karawang  yang tidak ada papan proyek nya di duga ada kejanggalan.

Hasil pantauan media online indoshinju.com senin tanggal 26 bulan juli 2021 di duga dari galian pondasi tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pekerja di lokasi saat di pertanyakan awak media online indoshinju.com terkait papan proyek dan gambar petunjuk pekerjaan,Wahyu menjelaskan, “Saya berkerja baru empat hari,untuk papan proyek dan gambar belum di serahkan, kalau tinggi yang sebelah nya 1,20 m yang sebelah lagi nya 1,meter dan untuk pengawas belum ada yang datang ke lokasi selama empat hari”, ucap wahyu.

Setelah awak media online indoshinju.com konfirmasi ke pekerja, di duga apa yang di jelas kan oleh pekerja di duga dari ke tinggian tidak sesuai dengan pekerjaan yang sedang di realisasi, sedang kan setelah di kroscek awak media online indoshinju.com ketinggian yang sebelah kurang dari 1,20 m dari pasangan yang sedang di kerjakan sekitar 10 meteran.

Pekerjaan turap jalan ini selain tidak sesuai dari ketinggian hal ini mengundang pertanyaan karena pelaksanaan proyek tersebut tidak transparan sedangkan di dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diwajibkan untuk memasang papan nama proyek yang kemudian dikuatkan juga oleh UU RI Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada pasal 15 huruf [d] dan pemasangan papan nama proyek adalah bagian dari implementasi transparansi, agar masyarakat bisa ikut mengawasi proses pembangunan sehingga benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

Warga setempat saat di temui di sekitar lokasi pekerjaan memaparkan ke awak media online indoshinju.com,  “Sangat di sayangkan,kalau ini proyek dari pemerintah Kabupaten Karawang yang tidak memperlihatkan papan proyek yang menerangkan tentang nilai Anggaran, nama CV dan keterangan panjang nya  pekerjaan”,menurut warga yang tidak mau di sebut nama nya.

Pihak terkait mesti tegas dan segera  kroscek ke bawah dengan ada nya proyek di wilayah Desa karangjaya Kecamatan Tirtamulya karena di khawatirkan uang negara  ini tidak terserap dengan maksimal.

Ditempat terpisah,saat dimintai pendapatnya Priyatna Korlip wilayah Jawabarat media online Indoshinju.com,meminta kepada pihak Kepolisian dan Kejaksaan ikut mengawasi turap jalan,jangan sampai nanti pelaksanaan proyek asal jadi, sehingga terjadi penyelewengan uang rakyat.

Jika dikorupsi sudah pasti berdampak pada kualitas hasil pembangunan, dan yang diuntungkan pihak pemborong atau pemenang tender yang seenaknya memanfaatkan uang rakyat untuk memperkaya diri sendiri.

Apalagi dimasa pandemi begini, terlalu, kalau sampai uang rakyat dijadikan bancakan.Kalau jika ditemukan ada korupsi terkait kegiatan yang dibiayai uang negara.

Rakyat sedang susah dan kesulitan memenuhi kehidupan dimasa pandemi jangan sampai ada pelaku pelaku korupsi yang seenaknya malah mencari keuntungan pribadi.(Ede/SK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here