UPACARA GREBEG SEDEKAH BUMI

BOJONEGORO BACA (indoshinju.com) –  Warga desa sidodadi dusun kendal kecamatan sukosewu, kabupaten bojonegoro 13/07/2017. Antusias Menggelar upacara sedekah bumi, mereka beramai-ramai membuat saserahan serta tumpeng buah dan nasi sesuai tradisi nenek moyang. Sekira pukul 15,20,wib. Warga desa sidodadi terlihat berduyun-duyun memenuhi jalan poros desa.

Warga yang didominasi para ibu-ibu ini membawa berbagai seserahan yg di bungkus kain. isinya berupa makanan siap santap, seperti nasi bucu, roti, bahkan pisang ataupun buah-buahan untuk ditukar kepada seserahan warga lainya.

Read More

Sedekah bumi adalah sebuah upacara yg di laksanakan 0leh masyarakat jawa, yang pelaksanaanya diikuti 0leh seluruh warga desa dan setip masing-masing 0rang membawa “berkat” atau sebuah nasi dengan lauk pauknya dari rumah.

Kemudian warga berkumpul di makam punden kendal Untuk mengikuti hajatan yang di pimpin Romo kyai Wajih. Tradisi sedekah bumi ini rajin di gelar warga desa Sidodadi setiap setahun sekali yaitu sedekah bumi dilaksanakan sesudah panen.13/07/2017.

CIPTO

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *