PERKEMBANGAN DAN PELAKSANAAN SMART CITY DI KABUPATEN TUBAN

Tuban – indoshinju.com -Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menginstruksikan kepada Dewan dan Tim Pelaksana Smart City agar bekerja dengan semaksimal mungkin.

“ Selain itu, perlu di bentuk tim kecil yang khusus berfokus pada perkembangan dan pelaksanaan Smart City Kabupaten Tuban,” ungkap Sekda usai memberi pengarahan pada Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia, Pembentukan Dewan dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Tuban, Selasa ( 26/06/2018 ) di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban.

Bacaan Lainnya

Tim khusus tersebut terdiri dari orang – orang yang kompeten dan menjadi ‘ dapur ’ dari Dewan dan Tim Pelaksana.

Lebih lanjut, Sekda menerangkan perlu adanya roadmap atau perencanaan yang konkrit, yang berisi detail capaian dan rentang waktu.

Roadmap tersebut akan menjadi dasar peninjauan dan evaluasi terkait pengembangan Smart City Kabupaten Tuban, selain masyarakat juga dapat mengetahui secara jelas seberapa jauh perkembangan Smart City Kabupaten Tuban.

Terkait dengan Sumber Daya Manusia ( SDM ), Sekda menjelaskan bahwa akan mengoptimalkan peranan ASN yang kompeten.

“ Selain itu, juga akan memaksimalkan tenaga Non – PNS Kabupaten Tuban untuk mendukung programm ini,” tambah Sekda Tuban.

Guna mendorong percepatan Smart City hingga menyentuh Desa -Desa se – Kabupaten Tuban, juga melibatkan pihak lain yang meliputi akademisi dari perguruan tinggi maupun SMK di Kabupaten Tuban serta tenaga ahli.

“ Kedepan bila ada penerimaan, maka akan di prioritaskan pada bidang – bidang berkaitan dengan pengembangan Smart City Kabupaten Tuban,” papar mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tuban ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ir. Hery Prasetyo S, MM  menuturkan bahwa Kabupaten Tuban telah melalui proses assesment yang di lakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Dari 500 lebih Kabupaten dan Kota di Indonesia, Kabupaten Tuban di nyatakan lolos menjadi 100 Kabupaten / Kota di Indonesia yang akan memiliki master plan pembangunan Smart City.

Setelah di bentuk Dewan dan Tim Pelaksana, rencananya pada tanggal 2 dan 3 Juli 2018, Kabupaten Tuban akan menerima kunjungan tim khusus dari Ditjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo.

“ Hanya dua kabupaten yang di kunjungi tim khusus tersebut, yaitu Kabupaten Tuban dan Probolinggo,” jelas Hery. ( AGUS ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *