Legen Atau Tuwak Bagi Tuban, Hanya Satu Yang Diakui.

TUBAN (indoshinju.com), Kota Tuban yang dikenal orang akhir-akhir ini sebagai Kota Wali, dan tidak dapat dipungkiri bahwa Tuban juga memiliki salah satu ciri khas sebagai sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki minuman khas yg bernama Tuwak dan Legen ini, juga disebut sebagai kota Tuwak.

Dari jaman nenek moyang kita, hal ini sudah diketahui oleh khalayak luas bahwa Tuban memiliki julukan sebagaiĀ  Kota Tuwak.

Santer diberitakan oleh media-media lokal maupun media-media penyiaran berita berskala nasional, bahwa Tuban adalah Kota Wali, dan Kota Legen, namun tuwak sebagai minuman khas yang di ambil getahnya dari pohon ental yang di panen oleh petani tersebut
sama sekali tidak pernah disebutkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa disetiap sudut Kota Tuban bahkan sampai dipelosok-pelosok Desa di Tuban, hampir sebagian dari masyarakatnya menyukai minuman Tuwak.

Bu Darmi (60), penjual Tuwak dan Legen di sebuah Desa di selatan Kota Tuban, sama sekali tidak keberatan ketika ditemui oleh tim redaksi dari indoshinju.com (14/11) dirumahnya, tanpa ragu mengatakan bahwa ” Saya jualan Tuwak dan Legen sudah sejak puluhan tahun yang lalu, dan saya membiayai sekolah anak-anak saya juga dari jualan Tuwak ini, anak-anak saya saat ini sudah duduk di bangku kuliah dan duduk di bangku Sltp. Semua saya biayai dari jualan Tuwak dan legen, jadi Tuwak itu Ya minuman Khas Tuban mas” ungkap Bu Darmi meyakinkan.

Di akui atau tidak, minuman tuwak ini menjadi kebanggan sebagian masyarakat Tuban, meski tidak pernah di akui tuwak sebagai minuman khas Kota ini.

Namun jika berkunjung ke Wilayah Kota Tuban, maka meminum Tuwak seakan sudah menjadi tradisi secara turun-temurun yang masih lestari hingga saat ini.

Disepanjang jalan Bulu Bancar Tuban ke arah Selatan sampai Kecamayan Jatirogo, deretan penjual Tuwak dan Legen dikiri dan kanan jalan akan sangat mudah dijumpai.

Disepanjang jalan Desa di kedalaman Kecamatan Plumpang juga terdapat hal yang sama.

Minum Tuwak seakan sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat Tuban dan hal tersebut sangatlah sulit untuk dipungkiri (isc)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *