Kebijakan Politik Pemerintahan Yang Berbasis Kinerja

MAKASSAR (indoshinju.com) – Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri RI bekerjasama dengan LSM Komunikatif Muda Indonesia¬† dengan Tema “Membangun Kebijakan Politik Pemerintah Yang Berbasis Kinerja” di Aula MAN Model Kota Makassar, Sabtu (4/3/2017).

Drs.H. Muh. Harli MM, Kepala Kesbangpol Sul-Sel menyampaikan pada saat sambutanya, Adapun tujuan dari pendidikan politik adalah untuk menghindari korupsi atau money politic, masyarakat terutama pemilih pemulah tidak lagi memilih atas dasar dibayar atau karena emosional melainkan karena adanya pengetahuan substansi pemilihan.

Pengetahuan politik yang berbasis kinerja itu sangat penting,  karena politik memiliki peranan penting dalam mengambil kebijakan ungkap Lilis Sutanto, Sos.MSi, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri RI.  Dialog tersebut dibuka langsung oleh Lilis secara resmih.

Kebijakan politik itu tidak terlepas dari kebijakan dalam pelayanan publik karena memiliki korelasi dengan good governance (pemerintahan yang baik). Itulah pentingnya pemahaman politik yang berbasis kinerja, ungkap salah seorang narasumber Julfarisman Pratama Hasan disaat memaparkan materinya.

Kebijakan politik selama ini tidak berdasarkan pada basis kinerja, sehingga atas dasar kebijakan tersebut berefek pada pelayanan publik yang tidak efektif dan efisien.

Oleh karena itu, Pemerintah harus membuat regulasi atau aturan baru untuk mengatur kebijakan politik tersebut agar terciptanya pelayana publik yang baik atau terciptanya good governance (Pemerintahan yang bersih).(YUDHI)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *