Sunday 19th August 2018

TERKESAN LOYO KINERJA DINAS PENDIDIKAN TUBAN DALAM MENANGANI DUNIA PENDIDIKAN

TERKESAN LOYO KINERJA DINAS PENDIDIKAN TUBAN DALAM MENANGANI DUNIA PENDIDIKAN

Tuban – indoshinju.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban masih belum mengetahui sepenuhnya tentang Instruksi Bupati Tuban yang ingin menjalankan kewajiban 12 tahun bagi generasi penerus Bangsa di Kabupaten Tuban.

Ini di bulis dengan pertanyaan Bupati Tuban, H.Fathul huda “Ada yang masih banyak anak lulusan SD dan SMP yang tidak ada sekolah kejenjang yang berikutnya, padahal kami sudah menterapkan wajib belajar 12 tahun, ada apa ini,” terang Fathul Huda keheranan . hal itu di sampaikan Fathul Huda saatatas Halal Bi Halal Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, pada Jumat, (13/07/2018) di Aula Dinas Pendidikan Tuban.

Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban masih memiliki banyak pekerjaan rumah, diperlukan belajar 12 tahun, untuk itu Bupati Gelar agar Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Camat dan Desa Desa untuk mengetahui data yang sebenarnya.

“Sudah saya instruksikan kepada Camat dan Kepala Desa untuk mendata berapa jumlah anak yang putus sekolah dan apa alasannya, saya minta ini segera di laksanakan dan muncul datanya,” kata Fathul Huda.

Jika peningkatan kualitas pendidikan diawali dengan peningkatan kualitas guru. “Memajukan pendidikan, harus memajukan gurunya.Guru harus tingkatkan biaya melalui pelatihan atau sekolah formal,” jelas Bupati.

“Banyak bimtek yang hanya formalitas, untuk itu saya minta kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan untuk memberikan saya laporan, apa saja yang lebih baik daripada guru, sebab peningkatan kualitas guru sangat penting. Karena guru menjadi kata kunci dari kualitas Pendidikan, Saya yakin jika guru akan membuat anak didik yang berkualitas pula. Jadi saya pesan agar guru selalu tingkatkan kapasitas, ”terang Bupati.

Dinas Pendidikan sebagai OPD yang mengawal kualitas pendidikan dan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM), dan itu tidak bisa di capai tanpa komitmen dan peningkatan, terkait dengan peningkatan kualitas guru, kami terus melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan para guru, kami telah memulainya, Karena kami sadar guru adalah uswa atau contoh bagi murid, jadi meningkatkan kualitas guru menjadi prioritas, jika saat ini pihaknya tengah membentuk Tim Penjamin Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), yang termasuk para pendidik senior, bersama Dewan Pendidikan Tuban dalam rangka memastikan berlangsung kualitas Pendidikan.

“Tim ini di bentuk intinya untuk memastikan 8 standar Pendidikan Nasional dapat efektif di Tuban, selain itu mengedepankan Pendidikan karakter di seluruh lingkungan Dinas Pendidikan juga menjadi salah satu fokus saat ini,“ Dengan mewajibkan setiap sekolah memiliki latar belakang pendidikan, kami harap pendidikan di Tuban tidak hanya mencetak generasi berkualitas, tetapi juga berkarakter dan berakhlak baik, ”papar Nur Hamid, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. (AGUS).

No Responses

Leave a Reply

fifteen − nine =