Puncak Peringatan HUT Dekranasda ke-44, Dian Adiyanti Adriyanto Ajak Kader Dekranasda Untuk Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.

Solo – Indoshinju.com
Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri Acara Puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan Pembukaan Expo Pameran Dekranasda 2024 di Auditorium Hotel Alila Solo, Rabu (15/05). Mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa”, harapannya menjadikan motivasi untuk terus mengembangkan dan memajukan wastra dan kriya Nusantara yang berdaya saing, meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para perajin.

Hadir dalam acara tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Umum Dekranas dan Ibu Wakil Presiden Hj. Wury Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum Dekranas. Dan diikuti dari Ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), serta para Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Usai pembukaan, seluruh tamu undangan bersama-sama masyarakat kota Solo disuguhkan lomba dan pertunjukan parade kriya dan budaya/kirab disepanjang Jl. Slamet Riyadi Solo. Diikuti peserta dari unsur Dekranasda di berbagai daerah se-Indonesia, untuk saling menampilkan keindahan seni dan keberagaman adat serta budayanya masing-masing.

Dijadwalkan pada tanggal 16 mei, Ibu Pj. Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro akan turut membersamai dan mengenalkan produk unggulan dari Kab. Bojonegoro yang berkesempatan tampil dalam stand pameran produk unggulan di Halaman Pura Mangkunegaran Solo. Bojonegoro yang secara geografis hampir 40% wilayahnya adalah hutan, potensi hasil kayu cukup melimpah. Salah satunya adalah kerajinan kayu jati, beberapa pengrajin sudah merambah pasar luar negeri. Kemudian, kekayaan minyak dan gas bumi yang dituangkan dalam kerajinan batik Bojonegoro dengan salah satu motifnya, adalah icon wisata geologi yaitu Kahyangan Api atau Api Abadi yang menjadi corak unggulan _Batik Jonegoroan_.

Dian Adiyanti Adriyanto pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa potensi kesenian dan kebudayaan di Bojonegoro memiliki daya tarik tersendiri. Tidak ada kata _tertinggal_ dari daerah lain, bahkan dibeberapa aspek kita dapat disebut _unggul_. Namun, kita tidak boleh terlena dan mudah puas, ada banyak potensi yang mampu kita gali dan kita munculkan.

“Saya sebagai Ketua Dekranasda Kab, Bojonegoro sangat mengharapkan Kerjasama dari berbagai pihak untuk memunculkan potensi-potensi baru, dan yang terpenting peningkatan kualitas terhadap kerajinan kita, perlu ditingkatkan terus.”

Mengakhiri rangkaian roadshow Ibu Pj. Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP. PKK Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanti Adriyanto turut mengikuti Puncak Peringatan Acara HKG PKK Ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2024, di Taman Balekambang Solo pada tanggal 18/05/2024, mendatang.(Hw).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *