Home Nasional Kasdam XII/Tpr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

Kasdam XII/Tpr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

0
SHARE

Kubu Raya, Indoshinju.com Selasa (22/11/22) – Mewakili Pangdam XII/Tpr, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjend TNI Djauhari, S.E., M.M., bersama Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Safrudin memimpin Apel gelar pasukan pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin di wilayah
Kalimantan Barat. Pengecekan tersebut berlangsung di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr.

Peserta Apel gelar pasukan ini terdiri dari unsur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta unsur pendukung lainnya. Untuk diketahui pada PAM VVIP RI-2 ini Kodam XII/Tpr mengerahkan sebanyak 1995 personel pengamanan.

Kasdam XII/Tpr selaku pengambil apel gelar pasukan dalam amanatnya menyampaikan, kunjungan Wakil Presiden, tentunya merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kita warga Kalimantan Barat, akan tetapi, kebanggaan itu harus kita wujudkan dengan memberikan jaminan keamanan yang baik, agar semua rangkaian kegiatan terlaksana dengan aman dan lancar.

Demi menjamin keamanan selama kunjungan, maka sangatlah penting kita melakukan perencanaan dan persiapan yang sempurna baik personel maupun materiil yang terlibat dalam tugas pengamanan, sehingga pengamanan VVIP ini terlaksana secara baik, terawasi, terkendali dan berhasil.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat dan baik, sehingga setiap permasalahan dapat diatasi secara cepat, tepat, dan tuntas.

Sebelum mengakhiri amanat ini, guna keberhasilan pelaksanaan tugas saya berharap kepada masing-masing Komandan Subsatgas yang sudah ditunjuk agar dapat mengorganisir kekuatannya dengan baik, sampaikan tugas dengan jelas dan terperinci kepada anggotanya serta harus mampu melaksanakan pengendalian selama tugas PAM VVIP.

Kepada seluruh personel pengamanan  agar selalu jeli terhadap setiap perkembangan situasi yang ada di lingkungan tugas pengamanan, manfaatkan secara maksimal seluruh informasi yang didapat. Tetap perhatikan disiplin protokol kesehatan Covid-19 selama kegiatan,” jelasnya.

Ditegaskan kembali oleh Kasdam XII/Tpr, hari ini kita akan menghadapi kegiatan pengamanan RI-2 di wilayah Kalimantan Barat dalam rangka kunjungan kerja pada acara Silaturahmi Bisnis (SILABIS) Nasional XIV Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI).

Laksanakan tugas ini dengan baik, adakan koordinasi dengan instansi terkait lainnya, sehingga Wakil Presiden RI selama berada di Kalbar merasa aman dan nyaman,” ujar Kasdam XII/Tpr.

Sedangkan Wakapolda Kalbar menyampaikan tentang tanggung jawab perwira pengendali harus kenali betul anggotanya dimana dan harus mengetahui berbuat apa. 

Para perwira penanggung jawab atau pengendali kontrol betul settingnya personel berada dimana serta apa yang akan mereka lakukan.

“Untuk anggota jangan anggap ini kegiatan rutin saja, kita harus fokus terhadap objek yang diamanankan, subyek serta media selama ditempat kegiatan pengamanan,” ujarnya. (Pendam XII/Tpr).isc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here