Home Daerah Caluk Senjata Tradisional Masyarakat Jawa

Caluk Senjata Tradisional Masyarakat Jawa

7229
0
SHARE

TUBAN (indoshinju.com). CALUK kali ini bukanlah nama sebuah Desa di wilayah Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Jawatimur, akan tetapai CALUK disini adalah sebuah senjata yang berbentuk unik panjang seperti golok dengan kapak ditengahnya, benda ini keberadaanya hampir punah dan terlupakan.

Memang benar CALUK tidaklah selegendaris Keris dan harganya tidak semahal pedang samurai dari negeri sakura Jepang, namun jangan pernah meremehkan pengaruhnya di dalam kehidupan sehari hari masyarakat Jawa.

Didalam bahasa Jawa ada sebuah peribahasa yang terkenal, bunyinya; “Pande ora caluk’an”, maksud dari peribahasa ini adalah, untuk mengatakan bahwa ada seseorang yang memiliki suatu benda yang bermanfaat namun tidak mampu menggunakanya.
Hal ini manunjukkan bahwa senjata ini (CALUK) mempunyai kewibawaan dan pengaruh yang besar didalam kehidupan sehari hari masyarakat Jawa secara umum.

Adalah Anto (30), Warga Desa Prambontergayang Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Jawatimur, salahsatu pemilik CALUK senjata langka ini, ketika ditemui bidikonline.com dirumahnya mengatakan; ” Caluk ini barang peninggalan kakek buyutku mas, ya cuma satu ini tidak ada yang lain lagi”, dari keterangan ini mungkin saja senjata ini tenar sekitar 3(tiga) generasi sebelum kita.

Di Kota Bojonegoro bidikonline.com bertemu dengan Mbah Carik Warkop Banjarejo, Priyayi sepuh ini menambahkan catatan referensi sejarah tentang CALUK, menurutnya ; “CALUK yang sesungguhya itu dik, ukurane satu meter lebih seperti golok dengan kapak ditengah tengah badanya, namanya yang dulu terkenal yaitu CALUK TRANTANG, nama itu diambil dari nama empu pembuatnya yaitu Ki Trantang, yang pada masa itu tinggal di wilayah Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban”. Beber Mbah Carik bearpi api.

Tidak menutup kemunkinan diera 3(tiga) generasi mendatang, CALUK senjata unik khas Jawa ini akan menjadi benda antik yang diburu para kolektor, dan harganya bisa melebihi harga senjata pedang samurai dari negeri sakura Jepang.

Bagi yang memilikinya, maka simpan saja dan rawat baik baik, ini adalah salahsatu properti Indonesia dengan segala keunikanya. (isc).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here