Bersama PKHN Kabupaten Bojonegoro, Karaton Surakarta Hadiningrat Ziarahi Makam Raden Adipati Aryo Matahun

Bojonegoro – Indoshinju.com Mengawali bulan Syawal dan suasana idul fitri Perkumpulan Kusumo Hondrowino (PKHN) Kabupaten Bojonegoro bersama Kraton Surakarta Hadiningrat Ziarahi Makam Raden Adipati Aryo Matahun di Desa Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Minggu (21/4/2024).

Kunjungan Kanjeng Pangeran (KP) Wandiro yang juga abdi dalem bidang Panitera KaratonĀ  Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga Koordinator PKHN Jawa Timur selain dalam rangka silaturahmi juga mengawali berdirinya PKHN Kabupaten Bojonegoro.

Hal tersebut disampaikan oleh Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Samsul Arifin Wijoyosukmo Ketua PKHN Kabupaten Bojonegoro saat dikonfirmasi awak media.

“Alhamdulillah dalam rangkaian Syawal selain halal BI halal dengan ziarah bersama Kanjeng Wandiro dari Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dimakam Raden Adipati Aryo Matahun guna kulonuwun untuk juga berdirinya PKHN Kabupaten Bojonegoro,”ungkapnya.

PKHN sendiri didirikan dikraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai organisasi untuk para abdi dalem dan masyarakat yang juga peduli akan adat dan budaya.

“PKHN ini wadah bagi abdi dalem dan masyarakat yang peduli dengan adat budaya dibawah naungan Sri Susuhunan Pakubuwana XIII untuk juga turut bersama beliau melestarikan warisan tradisi,”sambungnya.

Disisi lain KP Wandiro sapaan akrabnya itu juga menambahkan berharap ada kolaborasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) Bojonegoro guna pelestarian sejarah, adat dan budaya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Kami mengapresiasi langkah awal PKHN Kabupaten Bojonegoro dengan sowan leluhur sebelum mengawali langkah gerak, selain itu kami berharap juga bisa berkolaborasi antara Pemkab Bojonegoro dan Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk melestarikan warisan tradisi adat dan budaya diKabupaten Bojonegoro,”katanya.

Disisi akhir KP Wandiro berharap dengan berdirinya PKHN Kabupaten Bojonegoro bisa menjadi ujung tombak pelestarian adat dan budaya di Kabupaten Bojonegoro.

“Melalui langkah awal sowan leluhur semoga bisa memberi manfaat dan hadirnya PKHN Kabupaten Bojonegoro untuk menjadi ujung tombak pelestarian adat budaya diKabupaten Bojonegoro,”harapnya.

Sebagai informasi tambahan setelah selesai ziarah dimakam adhipati Aryo Matahun rombongan PKHN Kabupaten Bojonegoro dan Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat melanjutkan perjalanan untuk diskusi bersama Maftukin Kepala Desa Ngraseh dan diakhiri dengan sarasehan Kebangsaan diAula Kantor Bakesbangpol Bojonegoro.[hw/red]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *