Home Daerah Diduga Program BSPS Desa Pisang Sambo Syarat Penyimpangan

Diduga Program BSPS Desa Pisang Sambo Syarat Penyimpangan

447
0
SHARE

Karawang,jabar Indoshinju.com

Jumat,24/07/2020 Program BSPS ( Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ) Kementrian PUPR,bantuan program Rutilahu Dinas PUPR melalui DPR RI.

Dimana bantuan tersebut yang di kucurkan ke masing masing wilayah Kabupaten,untuk warga masyarakat miskin dari Rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) menjadi Rumah layak huni ( Rulahu ).

Program Rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) yang sedang di gencar gencar kan dari Tahun pertahun oleh Kementrian Dinas PUPR.DPRI RI,untuk warga masyarakat miskin dari masing masing keluarga penerima manfaat ( KPM ).

Besaran kisaran yang di terima dari masing masing ( KPM ) Rp.17.500.000 ( Tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah ).Anggaran tersebut di gunakan untuk pembangunan rehab rumah tidak layak huni untuk warga masing masing penerima bantuan.

Seperti hal nya untuk di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa barat, mendapatkan 100 unit rehab rumah tidak layak huni ( Rutilahu ),ada 4 Desa yang mendapatkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ).

Salah satu di antara nya Desa Pisang Sambo,dari hasil pemantauan awak media di lapangan di duga ada kejanggalan dalam pelaksanaan kegiatan,seperti apa yang di utarakan salah satu keluarga penerima manfaat ( KPM ).

Wardi Dusun Malaka salah satu penerima manfaat ketika di mintai keterangan di rumah kediaman nya mengatakan,” Bener pak,saya menerima bantuan rehab rumah saya,tapi saya hanya di berikan berupa bahan bahan dari salah satu material seperti,batu kali 1 mobil col,batu heubel 6 kubik,besi cor slup 20 batang dan jenis kayu seperti nya campuran,ada kayu jongjing nya juga pak,dan sisa nya sampai rumah selesai memakai anggaran swadaya,saya beli sendiri”,ucap nya.

Di tempat terpisah sub material¬† yang tidak mau di sebutkan nama nya mengatakan,” Kami kirim barang bahan material ke ( KPM ) sesuai petunjuk yang ada,seperti batu kali 2 mobil col,batu heubel 7 kubik,besi cor slup 30 batang dan untuk jenis kayu kami berikan kayu merahan tidak ada kayu jonjing,untuk lebih jelas nya lagi tanya saja sama pak Ompong pak ( nama panggilan ).nanti tanyakan saja sama beliau karena beliau yang di lapangan nya”,tutur nya.

Di waktu yang sama dari DPRKP (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman) Kabupaten Karawang Eka Mulyana selaku ( Kasi ),ketika di hubungi melalui via telpon mengatakan,” Kaitan bantuan rehab rumah tidak layak huni,untuk Kecamatan Tirtajaya mendapatkan 100 unit,dan itu sudah ada pengurus/kelompok nya masing masing,dan juga ada konsultan nya.Saya belum turun ke lapangan,untuk keterangan yang lebih jelas nya langsung saja ke konsultan nya”,tutur nya.(ISC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here