Home Daerah Didampingi Sundawani, Warga Terdampak Kali Cikalapa Mengadu Kepada Sekda Karawang

Didampingi Sundawani, Warga Terdampak Kali Cikalapa Mengadu Kepada Sekda Karawang

296
0
SHARE

Karawang,jabar Indoshinju.com

Rabu,29/7/2020 Warga Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang yang berada di bantaran sungai Cikalapa sudah sejak lama merasakan dampak dari sungai alam tersebut. Terlebih pada saat musim hujan, debit air tinggi meluap ke pemukiman warga. Bahkan tak hanya itu, dampak lain yang lebih besar adalah menyebabkan tanah warga longsor akibat longsoran dari tanggul sungai Cikalapa.

Masyarakat Dusun Ciherang tidak tinggal diam atas persoalan tersebut. Beberapa kali melakukan rapat antara masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) dengan beberapa Kawasan Industri seperti Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE), Sedana Golf, dan pemakaman elite Sandiego Hills.

Ali Aripin selaku Ketua Paguyuban Putra Ciherang. Mengatakan bahwa sebenarnya kami selaku masyarakat terdampak sudah beberapa kali melakukan rapat dengan semua pihak. Dalam poin kesepakatan, bahkan untuk rapat yang terakhir kali, yaitu tanggal 11 Juni 2020. Ketika rapat di laksanakan di kantor Kecamatan Telukjambe Timur dan di hadiri oleh semua unsur Muspika, sempat berjanji akan mengakomodir aspirasi masyarakat. Namun kenyataan sampai detik ini belum ada realisasi sama sekali.

Lanjut Ali, hingga akhirnya kami selaku warga terdampak. Hari ini, Rabu 29 Juli 2020 terpaksa harus mendatangi kantor DPUPR Karawang. Tapi ketika sampai di kantor, tidak ada satu pun pejabat PUPR yang berada di kantor. Sesalnya.

“Merasa tidak puas, akhirnya perwakilan masyarakat yang di dampingi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Sundawani merapat ke Plaza Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Di Plaza masyarakat di terima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, H. Acep Jamhuri yang bertempat di ruang rapat Sekda.” Jelas Ali.

Di forum rapat, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) DPD Sundawani Karawang, Ahmad Fazri menyampaikan perihal kronologis serta dampak – dampak yang di tanggung langsung warga Dusun Ciherang. Sehingga Fazri menekankan kepada Pemkab Karawang harus segera ada solusi untuk mengakomodir aspirasi masyarakat.

“Sesungguhnya keinginan masyarakat sangat sederhana, mereka tidak minta apa – apa selain penyelesaian dampak lingkungan. Oleh sebab itu, kami mendesak Pemkab Karawang, agar segera dapat mengatasinya. Apa kah ini menjadi tanggung jawab Pemerintah atau kawasan industri?”, Tanya Fazri.

Menjawab penyampaian aspirasi masyarakat tersebut, Sekda Karawang menjawab, bahwa dirinya sudah tahu perihal permasalahan ini. ” Kami selaku Pemerintah Daerah sudah mengetahui permasalahannya, dan terima kasih atas kehadiran masyarakat Dusun Ciherang, Desa Wadas yang di dampingi oleh Paguyuban Sundawani Karawang.”,

“Selanjutnya kami akan segera memanggil Dinas PUPR Karawang untuk segera merealisasikan apa yang menjadi tuntutan warga. Apa pun kendalanya, pokoknya Tahun ini juga harus terealisasi. Kita pastikan permasalahan ini menjadi prioritas Pemkab Karawang. Apa lagi sampai ada dampak yang merugikan langsung masyarakat.”, Tegas Sekda.

Sementara itu, masih di tempat yang sama, anggota LBH Sundawani lainnya, Hendra Supriyatna dalam forum rapat menyampaikan. “Bagaimana tindakan Pemkab Karawang soal adanya kegiatan pembangunan perumahan Rolling Hills yang berada di Kawasan KJIE yang belum melakukan Addendum Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Sementara KJIE pun menjadi salah satu yang berdampak pada Cikalapa.”, Ujarnya

Hal mengejutkan dari sikap Sekda Karawang! Ternyata Sekda langsung menghubungi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Karawang, dan memerintahkan Kasat Pol PP agar segera mengambil langkah tindakan. Kasat Pol PP pun berjanji besok, Kamis 30 Juli 2020 akan segera melaksanakan tugas berdasarkan rekomendasi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang.

Mengakhiri forum rapat tersebut, Ketua DPD Sundawani Karawang, H. Ranzes Iman S menyampaikan ucapam terima kasih terhadap Sekda Karawang yang dengan cepat tanggap mengakomodir aspirasi masyarakat. Pungkasnya.(Pri/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here