Home Headline Dandim 0816 Sidoarjo Letkol lnf lswan Nusi,SH.Hadiri Pembukaan Fortama UMSIDA

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol lnf lswan Nusi,SH.Hadiri Pembukaan Fortama UMSIDA

102
0
SHARE

Sidoarjo _ indoshinju.com _ Disela-sela kesibukan nya Komandan Kodim 0816/Sidoarjo menyempatkan waktunya untuk mengisi materi wawasan kebangsaan kepada Mahasiswa Baru di Gedung Auditorium Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam acara pembukaan Fortama UMSIDA. Sabtu (7/9/2019)

Letkol Inf Iswan Nusi, S.H bekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara terhadap ratusan Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Ribuan wajah baru tampak cerah, ceria dan penuh semangat menyongsong masa depan untuk mencerahkan bangsa Indonesia membanjiri Gedung Auditorium  UMSIDA pada pagi ini untuk mengikuti acara pengukuhan mahasiswa baru dan pembukaan Forum Ta’aruf Mahasiswa (FORTAMA) tahun akademik 2019-2020.

Dalam materi yang disampaikan oleh Letkol Inf Iswan Nusi, S.H yang menyampaikan tentang Proxy War, mengharapkan kepada generasi muda bangsa Indonesia ini benar-benar faham tentang berbagai ancaman terhadap bangsa Indonesia kedepannya. Menurutnya, Proxy War adalah suatu perang, dimana perang tersebut menggunakan pihak ketiga melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara. Sebab, dalam perang ini tidak terlihat siapa lawan dan siapa kawan. Suatu perang yang dilatar belakangi oleh krisis pangan, air dan energi.

“Berbagai upaya akan dilakukan untuk menguasai Indonesia, mereka akan menciptakan Instabilitas berbagai aspek. Baik itu ideologi, politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Bahkan pertahanan dan keamanan pun akan dibuatnya lemah. Sebab, itu dilakukan agar timbul rasa ketidakpercayaan dari masyarakat terhadap pemerintah,” paparnya.

Beliau mengharapkan dan mengajak agar pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, agar selain senantiasa menumbuhkan semangat untuk bersatu, juga pemuda diharapkan sebagai agen perubahan. Sehingga, mampu menciptakan generasi-generasi yang memiliki seumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya tangkal yang kuat.

“Pembekalan Wawasan Kebangsaan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi mahasiswa dan akan memacu semangat dalam menuntut ilmu dan kepada segenap pelatih untuk memberikan materi yang mudah dipahami,” tegasnya.

Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Iswan Nusi,SH mengucapkan “Selamat kepada seluruh mahasiswa baru, yang merupakan awal perjalanan hidup yang panjang dimasa mendatang dan mengajak para mahasiswa untuk belajar rajin dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME.” Ujar Letkol Iswan.

Dr. H. Hidayatulloh, M.Si Selaku Pimpinan Umsida ini menekankan bagaimana mahasiswa memiliki karakter yang baik untuk membangun bangsa. Seiring dengan tema orasi ilmiah yang beliau sampaikan “Pendidikan Karakter Mahasiswa untuk Indonesia Berkemajuan.” Rektor Pertama UMSIDA ini menceritakan bagaimana dulu pertama kali UMSIDA berdiri dengan hanya memiliki satu fakultas saja yaitu Fakultas Tarbiyah dengan segelintir mahasiswa. Kesungguhan dan kerjasama yang baik dari seluruh pengelola kampus menjadikan UMSIDA terus berkembang setiap tahunnya. Karena itu, mahasiswa harus bersungguh-sungguh dalam menjalani proses belajar selama di UMSIDA ,”Ucapnya. (Zeey/Lyn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here