Saturday 22nd September 2018

DANA DESA TAHAP II TAHUN 2018  SUDAH TERSALURKAN DI 5 (Lima)  DUSUN

DANA DESA TAHAP II TAHUN 2018  SUDAH TERSALURKAN DI 5 (Lima)  DUSUN

Subang – Indoshinju.com – Minggu 16/09/2018, Peraturan dana desa undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, peraturan pemerintah nomor 8 Tahun 2016.

Tentang perubahan kedua, peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN.PMK 225/PMK. 07/2017 Tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri keuangan Nomor 50/PMK. 07/2017 tentang Pengelolaan transfer ke Daerah dan Dana Desa mengubah cara-cara dan mekanisme pencairan Dana Desa 2018 sekarang menjadi melalui 3 tahap skema baru.

Yaitu pencairan Dana Desa 2018 Tahap 1 sebesar 20% pada bulan Januari 2018,pencairan Dana Desa 2018 Tahap 2 sebesar 40% pada bulan Maret 2018,Tahap 3 pada bulan Juli 2018 sebesar 40%, hal ini berbeda dengan tahapan seperti biasanya yang hanya 2 Tahap.

Desa Sukahaji Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, yang terdiri terbagi 5 (Lima)  Dusun, Dusun Krajan, Dusun Bungur gede, Dusun Bungur Jaya,Dusun Karang Jaya, dan Dusun Rawa Jolang.

Ketika jurnalis media online Indoshinju.com mencoba, mendatangi Kades (Kepala Desa) Akim Sonjaya di tempat kediamanya,

ketika di pertanyakan terkait seputar Dana Desa Tahap II tahun 2018 dan Kades tersebut memaparkan apa adanya, ke pihak publik.
Menurut Kades, yang ramah dengan awak media ini mengungkapkan,

“Kami sebagai Kepala Desa sudah sepantasnya memberitahukan atau menginformasikan ke publik atau masyarakat kami, khususnya Masyarakat Desa Sukahaji,
Mengenai program Dana Desa tersebut, kami peruntukan untuk pengecoran rambat beton atau Jaling (Jalan Lingkungan) yang terdiri dari 5(lima)  Dusun dan pada pelaksanakanya kami di Padat Karya Kan sesuai aturan yang semestinya”.

Lanjut Kades Akim Sonjaya, yang sambil tersenyum mengungkapkan ke awak media, sementara di tempat yang berbeda, masyarakat Dusun Bungur Gede, sebut saja pak Daud,

ketika di tanya oleh awak media, mereka memaparkan sambil serius, dari awal sampai sekarang di lain kata dari pertama menjabat Kepala Desa kami yaitu Bapak Akim Sonjaya, kami dapat merasakan hasil kinerja nya.

Lanjut Daud, satu contoh kali Cibatu yang sudah hampir 50 tahunan yang nyaris hampir hilang atau menyempit pada masa Jabatanya, dia mampu mengusulkan ke Pemda Kabupaten Subang, akhirnya bisa di normalisasi dan Allhamdulillah saluran air tersebut sudah menjadi lancar.

Tambah Daud, bukan itu saja seperti jalan pemda antara Cibatu sampai tembus ke Patokbeusi, Allhamdulillah hampir 75% sudah terrealisasikan dengan bahasa lain, sudah di rambat beton.

Daud juga menambahkan seperti jalan lingkungan di berbagai Dusun juga hampir selesai, kami atas nama masyarakat Sukahaji cuma bisa mengucapkan terimakasih beserta para stafnya yang telah memberikan pelayanan yang baik, ungkap Daud ke awak Media Online Indoshinju. com (PRI/Juh)

No Responses

Leave a Reply

four × five =