Sunday 19th August 2018

DANA DESA, DESA BEDAHAN TERKESAN AMBURADUL

DANA DESA, DESA BEDAHAN TERKESAN AMBURADUL

 LAMONGAN indoshinju.comTerkait pembangunan Desa bedahan Dana Desa yg amburadul terbukti sampai dengan hari ini pembangunan belum selesai sementara LTJ (laporan pertanggung jawab) sudah dikirim di kecamatan/Kabupaten Kades(kepala desa) bedahan ADITIYA WARMAN SH. Beserta oknum perangkat desa di duga ada ketimpangan penyalahgunaan dana desa dan tidak tranfarannya dalam melaksanakan pembangunan desa.

Ditandai mundurnya ketua LKMD Bp.Kondori beserta 6 anggotanya. Pada bulan juni 2017 sementara masa bakti LKMD berakhir 26 Agustus 2017 menurut salah satu anggota LKMD yang namanya tidak mau di mediakan pada awak media karena, tidak sinergi dengan peran kades serta oknum perangkat desa dalam melaksanakan pembangunan desa.

Dan tidak dilibatkannya dalam tim perencanaan pembangunan desa serta penyusunan RAB dalam pembangunan desa.

Konfirmasi awak media pada tanggal 12 bulan 12 2017 kepada kades bedahan di kantor kepala desa pada jam 9 pagi. Terkait mundurnya LKLD kepala desa mengatakan sudah purna bakti pada 26 Agustus 2017.

Mengenai pelaksanaan pembangunan desa kades dalam pernyataannya kepada awak media ada 14 item dengan dana desa 60% dalam hal ini tidak sesuai dengan keterangan tim perencana pembangunan desa dalam hal ini bp. Ucok juga selaku perangkat desa menyatakan hanya 7 item pembangunan desa di antaranya :

1. Rehap TK
2. Pavingnisasi dusun tangar
3. T. PT rt 1/01
4. Drunice rt 2 rw 1
5. Pavingnisasi jl. Samiaji sujak
6. T. PT dusun tangar
7. Pengadaan cagak listrik
Hasil investigasi di lapangan menemukan beberapa kejanggalan dalam pelaksanaan pembangunan:

1. Pengurukan tanah di sebelah selatan makam desa bedahan menurut salah satu anggota BPJ yang namanya tidak mau dimediakan BPD tidak mengetahui tentang mengurukan tanah karna, belum di musyawarahkan.

2. Pembangunan gorong gorong dan Pavingnisasi di rt 03 rw 01 masih dalam pengerjaan semestinya sudah selesai karena, LPJ dana desa yang 60% sudah di laporkan.

3. Dalam pelaksanaan kerja dari 7 item ditemukan dalam papan nama/ bor tim pelaksana tidak disebutkan namanya hanya tim pelaksana dana desa dan menurut sumber yang dipercaya tokoh masyarakat bahwa tim pelaksana dari 7 item adalah Bp. Mifta dan Bp. Didik selaku perangkat desa.

4. Untuk dana desa yang 40% sebesar 303 jt hanya digunakan pembangunan perbaikan jalan dan gorong gorong di rt 03 rw 03 dalam hal ini menimbulkan polemik di warga dan masyarakat serta tokoh tokoh masyarakat.

Menurut masyarakat desa bedahan mengusulkan kepada awak media agar pihak pihak terkait BPK Kab. Lamongan untuk segera mengaudit pelaksanaan pembangunan desa bedahan dengan dana desa
( Irawan pandu)

No Responses

Leave a Reply

eighteen − ten =