Home Daerah Project Pasar Tradisional Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon Akan Dibangunkan Pasar Berstandar SNI

Project Pasar Tradisional Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon Akan Dibangunkan Pasar Berstandar SNI

343
0
SHARE

Karawang, jabar Indoshinju.com

Sabtu,30/5/2020 Dinas Perdagangan, Industri dan Pertambangan Kabupaten Karawang akan menyulap pasar tradisional Sumurgede di Kecamatan Cilamaya Kulon menjadi pasar rakyat dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), yang akan dibangun tahun ini.

“Sebagai pilot project pasar tradisional Sumurgede di Cilamaya Kulon akan kita bangun pasar berstandar SNI,” ujar Kepala Dinas Perdagangan, Industri, dan Pertambangan, Ahmad Suroto, Jumat (29/5).

Menurutnya, pasar tradisional dengan SNI merupakan yang pertama di Kabupaten Karawang dengan konsep lebih bersih. Rencananya, pembangunan akan menggunakan APBD dari Kementerian Perdagangan dan Industri dengan anggaran DAK tahun 2020. 

“Tahun ini juga akan kita bangun dengan konsep lebih modern dan fasilitas memadai,” tuturnya.

Dijelaskan Suroto, pihaknya juga akan membangun beberapa fasilitas umum bagi para pembeli ataupun pedagang, seperti ruangan khusus untuk ibu menyusui (ruang laktasi), ruang kesehatan, dan ventilasi udara yang memadai.

Tak kalah penting, fasilitas penunjang lainnya yang sesuai SNI pun akan dibangun, termasuk pengelolaan saluran air yang lebih baik agar tidak becek ketika hujan turun.

“Selain sesuai standar penunjang  SNI juga dengan sistem timbangan digital untuk melindungi konsumen,” jelasnya.

Suroto menyatakan, langkah tersebut menjadi program untuk mengubah pandangan mengenai pasar yang kurang diminati menjadi lebih baik. Di antaranya agar lebih bersih, sehat, zonasi kios, pengelola pasar profesional, pengelolaan sampah dan sebagainya.

“Kita secara bertahap akan mengubah image pasar yang kotor dan kumuh,” pungkasnya.(ISC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here